Kuliner: Menyicip Kelezatan Soto Mie Khas Bogor


Selamat sore menjelang magrib, semoga kita semua selalu diberi kesehatan dimasa pandemi saat ini dan mudah-mudahan segera berlalu. Amin

Hai guys siapa sih yang gak tau dengan soto mie Bogor? Kalian yg warga Jakarta ataupun Jabodetabek pasti tau dong karena saya sendiri yang saat ini berdomisili di Jakarta sering banget melihat abang-abang jualan Soto Mie Bogor mulai dari yang keliling, sampai stay di tempat.
Jujur, ane sendiri baru tau sama Soto Mie Bogor hehehe. Karena setiap daerah memiliki varian soto kekhasan daerah tersebut misalnya kalo di Jawa ada soto Kudus, kalo di Makasar Coto Makasar, kalo di Jakarta soto Betawi, ada soto tangkar, soto Kadipiro dari Jogja, soto Banjar dari Kalimantan, soto Lamongan dan masih banyak lagi, untuk komposisi dan penyajiannya bisa jadi berbeda persamaannya ya sama sama berkuah heheheh ada yg kuah bening bahkan ada juga yang pakai koya atau sejenisnya. Jadi wajar saja jika soto sendiri sudah ditetapkan sebagai makanan nasional. Waw
Menurut seorang ahli sejarah Dennys Lombard, sejarah soto di Indonesia itu berawal dari makanan khas Cina peranakan yang tinggal di Semarang yang namanya Caudo. Pada sekitar abad ke-18 Masehi orang-orang Tionghoa melakukan kegiatan produksi seperti membuka rumah makan atau restoran bahkan tak sedikit yang berjualan menggunakan gerobak atau pikulan. Ketika itu soto disajikan  dalam mangkok keramik dg menggunakan  sendok sup. Dari sinilah kuliner soto mulai dikenal oleh masyarakat Nusantara. Salah satu pengaruh yang kental pada soto adalah bahan soun atau mie putih pada soto. Masakan soto pun masing-masing daerah memiliki ciri khas sesuai dengan nama soto khas suatu tempat. Nah kekhasan dari soto  mie bogor memiliki ciri khas soto dengan mie kuning, risoles dengan pilihan daging atau ayam atau babat yang ditambah tomat, kentang, lobak, dan emping. 
 Oh ya guys balik lagi ke pengalaman ane yang baru tau dengan Soto mie 😂😂.  Pandangan pertama ane terhadap soto mie itu "aneh".  Eh ternyata pagi-pagi kepala penat pingin cari yang pedes-pedes dan berkuah liat mamang jualan soto mie, iseng beli buat menghilangkan  mindset "aneh" dan ternyata taraaaaa ENAK juga dan segerrrrr 😁😁 asli bikin ketagihan.



Sumber:

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/03/11/sejarah-soto-kuliner-berkuah-yang-memiliki-rasa-unik/amp



Komentar

Postingan Populer