EKSPLOR KULINER DERMAYU


RUMBAH KHAS DERMAYU

Selamat pagi kawan, semoga kalian selalu diberi kesehatan agar bisa menikmati makanan jenis apapun hahahahah :D. Sudah lama, ntah dah berapa lama q tak mencorat- coret di blogku yang tak spesifikasi alias isi blognya campur aduk dimix jadi satu :D. Kali ini, q akan mengeksplor kuliner dari daerahku yaitu Indramayu biasa dikenal Dermayu atau Kota Mangga. 



Rumbah mungkin asing bagi kalian dengan makana yang bernama rumbah ini :D. Rumbah salah satu khas kuliner Indramayu berupa sayur- sayuran yang sudah direbus atau dikukus. Sayuran yang digunakan umumnya yaitu kangkung (Rumbah Kangkung), Semanggi (Rumbah Semanggen), Eceng Gondok (Rumbah Genjer), sayur campuran : kacang panjang, timun, tauge, kol. Mungkin sekilas banyak yang mengira rumbah sama saja dengan pecel. yups tetep beda guys, yang membedakaannya yaitu sambal. Sambal yang biasa didirus pada rumbah banyak macamnya: samabl asam, sambal kencur, sambal kacang dan yang pasti ini sambal rasanya pedes luar biasa sampe keringatan bahkan meler- meler :D.
Rumbah Kangkung mix bihun

Oh ya, kurang mantap jika makan rumbah tanpa disertai gorengan ciwang atau yang biasa dikenal dikalangan umum bala-bala atau bakwan :D, kerupuk juga salah satunya kerupuk yeye. 
kerupuk yeye ini rasanya juga enak guys. hihih
Kerupuk yeye nyusss


Namun, rumbah yang terkenal di Indramayu yaitu Rumbah Darini. Tak cuma di Indramayu, rumbah darini juga terkenal hingga diberbagai daerah. banyak orang di luar daerah jika mudik pasti mampir untuk menikmati Rumbah Darini. q akuin Rumbah Darini ini memiliki nuansa rasa yang berbeda sambalnya itu loh bisa menggoyang lidah hahaha :D. Rumbah Darini juga memiliki ciri khas yakni pada sambalnya ada petis jadi rasanya  delicious.


Kalian penasaran? 
ini q kasih alamatnya deh Jl. Raya Kertawinangun No.17, Eretan Kulon, Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45254.


Sekian dulu ya Kawan :)


Komentar

Postingan Populer