KEUNIKAN GOA-GOA DI SEKITAR MUSEUM KARS INDONESIA

Selamat malam guys,
Nulis blog sambil denger.n music alam “Hujan Turun”, setiap buliran air hujan seakan-akan membunyikan nada Do re mi fa so la si do :D bulir demi bulir yang jatuh ke bumi seakan-akan merangkai sebuah lagu, lagu rindu ntah kepada siapa (?), Air tolong samapaikan salamku untuk dia yang kurindu (anepun tak tau siapa masih dipending Tuhan) :D. Tuh kan jadi melow...
The Next my adventure, masih di sekitar Museum Karst ne Guys yu  keliling dari goa ke goa...
©      GOA TEMBUS

Goa tembus memiliki panjang sekitar 75 meter. Goa ini memiliki pintu depan dan pintu belakang maka dari itu dikenal dengan goa tembus :D, pemandangan di dalam goa tembus ini  ga kalah bagusnya guys, coba lihat deh foto-foto ane dkk..

Pintu depan goa tembus

 Bagian Tengah Goa Tembus
 Langit-langit Goa Tembus
Pintu Keluar Goa Tembus
Owea guys, info yang ane dapet dari mbah google bahwa goa ini termasuk tempat sakral dan mistis. RM Said mengawali perjuangan mendirikan dinasti Mangkunegaran pada tanggal 19 Mei 1741 dari Bumi Nglaroh (Desa Pule Kecamatan Selogiri). bahkan Beliau pernah berkelana dan bersemedi di Goa Tembus ini.
Menelusuri goa tembus ini perjalanan yang sangat singkat hihihi...
Selanjutnya ke Goa Putro Bunder...

©      GOA PUTRO BUNDER
Goa putro bunder terletak 700 meter arah barat daya dari Gua Tembus, track menuju gua ini terjal dan berkerikil, menantang banget deh pokoke guys, ane mah santai karna ane kan ngebonceng :D. Setibanya di TKP ane terkejut guys sampe terngah-ngah hahaha ada apa coba.... ada mahluk penghuni goa hahahah bercanda kok, lebih tepatnya ada dua anak manusia sedang berpacaran :D, sayang sekali yo ....ok lets go look at my picture J

Bagian depan Goa putro-Bunder (temenku ini eksis banget)

 Langit-langit goa putro  bunder
Bagian dalam hampir ujung goa putro bunder

Kalian tau gak, ternyata Semula kedua gua itu sebenarnya terpisah. Gua Potro yang sebenarnya berada di sebelah timur Gua Bunder, kini kedua lorong gua itu tembus menjadi satu. Jadi Goa Putro Bunder merupakan dua goa yang merekam sejarah penggalian kalsit di masa lalu terhubung menjadi satu, membentuk Goa Putro-Bunder. Amazing,,. Nama Gua Potro berkait dengan nama tokoh Wonopotro yang dimakamkan di dalam gua itu. Sementara itu, nama Gua Bunder diambil dari bentuk gua yang bulat atau bundar (Jawa: bunder). Kedua gua ini sering digunakan untuk meditasi kalangan tertentu yang gemar bertapa (copas).

©      GOA SONG GILAP
            Goa Song Gilap terletak 2 km ke arah selatan dari Goa Tembus. Tau gak guys, ane dkk ne udah ada petunjuk masih aja nyasar ke sana kemari, nyaris saja bablas ke perkampungan warga yang penduduknya jarang sekali soalnya goa song gilap ini letaknya lumayan nyempil juga mana papan yang bertuliskan Goa Song Gilap tidak meyakinkan macam jebakan batman gitu, tapi ane dkk tnekat ngikutin petunjuknya tapi alhamdulillahnya gak menyesatkan. Setibanya di TKP apa yg ane dkk liat? Aduh guys pemandangan y menakjubkan bentuknya melingkar mirip stadion bawah tanah guys dengan dinding batuan karst. Seteleh terkejut melihat keindahan Goa Song gilap kami bingung turun ke bawahnya gimana?, dan akhirnya kami cari jalan biar bisa turun  ke bawah, alhamdulillahnya ketemu jg guys, berasa mendaki gunung guys. Tapi gak nyesel kebayar dengan keunikannya kok. Owea goa Song Gilap ini cocok juga buat panjat tebing loh.. Yo kita liat dokumentasi ane..

Goa Song Gilap jika di lihat dari atas (maaf guys goa y gak keliatan )



                Jalan turun menuju Goa Song Gilap
Sebelum menelusuri goa Song Gilap ngeksis dulu :D
 Ujung Goa Song Gilap
Bagian Luar Goa Song Gilap

Lebih bagus aslinya guys dari pada lihat di foto, mana kami juga gak ambil foto secara keseluruhan. Owea guys Karena pemandangannya yang bagus, penduduk Gebangharjo pernah memanfaatkan Gua Gilap untuk tempat pentas seni kethoprak dan seni srandul.
©      GOA SODONG
            Goa Sodong ini letaknya 100 meter dari Museum Kars. Di dalam Goa sodong ini airnya melimpah tapi hati-hati jalannya licin kami aja sampe nyeker man alias copot sandal hahahah :D. Liat deh..

Becek gak ada ojek haha...

Kami gak bisa menelusuri Goa Sodong sampai kedalam guys, kasihaaaan kan..
Tapi ane search search di mbah google ternyata Goa Sodong ini merupakan bukti adanya sungai bawah tanah, salah satu ciri kawasan karst. Para ilmuwan dari luar negeri dan UGM Jogjakarta pernah menelusuri lorong gua sepanjang 4,5 km ini. Konon, lorong gua ini sampai di pantai Laut Selatan. Di dalam gua ditemukan beraneka stalaktit dan stalakmit yang luar biasa indahnya. Gua ini cocok untuk wisata penjelajahan alam, namun harus dengan membawa perlengkapan lengkap. Dan harus lebih berhati-hati lagi karena i dalam Goa Sodong ini masih ada binatang buas.

Cukup sampai di sini guys penelusuran goa ke goa di sekitar Museum Kars Indonesia. Sebenernya sih ada dua Goa lagi yaitu Goa Mrica dan Goa Sapen tapi karna kami bingung dengan jalannya jadi kami langsung saja ke pure, di mana jalan menuju pure beuhhhh mesti melewati tanjakan tajam  dg kemiringan  80 derajat (maaf gak iso pake simbol :D). Tapi yo pemandangane apik berasa di Bali.



#Salam #Nusantara

Komentar

Postingan Populer