Si Asam Sepat Mempunyai Banyak Manfaat

               Hai guys... kalian pasti tau pohon duwet, ituloh yang buahnya mirip anggur warnanya menggiurkan dan meyakinkan kalau rasanya manis, ternyata oh ternyata rasanya cetar menggoyangkan lidah hihihi... Denger-  denger  ne pohon duwet rumor^nya sih  banyak hantunya alias rumah 'y hantu (iiihhh serem). eits tp jangan percaya dulu ya hihi..Tahu gak sih guys ternyata duwet ini memiliki banyak manfaat loh. Mau tau???? yuuu mari kita berkenalan dg buah duwet. :)




1.    Jamblang (Duwet)
Jamblang atau Duwet adalah nama buah dan pohon untuk tanaman bernama ilmiahSyzygium cumini. Pohon penghasil buah ini masih tergolong dalam suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Jamblang atau Duwet kini termasuk salah satu tanaman yang mulai terlupakan bahkan langka dan jarang dibudidayakan.
Jamblang atau Duwet di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Seperti;  jambe kleng (Aceh),  jambu kling (Gayo),  jambu kalang  (Minang kabau),  jamblang  (Betawi dan Sunda),  juwet, duwet, duwet manting (Jawa),  dhalas, d.bato, dhuwak (Madura),  juwet jujutan  (Bali),  klayu (Sasak),  duwe  (Bima),  jambulan (Flores), raporapo jawa  (Makasar),  alicopeng  (Bugis),  jambula  (Ternate).
Di beberapa negara asing buah ini dikenal  sebagai jamlang, jambelang,  duwet (Malaysia), duhat (Filipina),  jambul,  jamun, atau  Java plum (Inggris). Sedangkan dalam bahasa latin (ilmiah) dikenal sebagai Syzygium cumini.
Pohon Jamblang (Duwet) diperkirakan berasal dari Kawasan Asia dan Australia tropic. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga ketinggian 500 mdpl.
2.    Ciri-ciri Fisik.
Pohon Jamblang (Syzygium cumini) kokoh dan memiliki tinggi 10-20 m. Batangnya tebal, seringkali bengkok dan bercabang banyak. Berakar tunggang. Daun Jamblang tunggal, tebal, dengan tangkai daun antara 1-3,5 cm. Masing-masing helai daun lebar berbentuk baji, tetapi rata, pertulangan menyirip, permukaan atas mengkilap, panjang 7-16 cm, lebar -9 cm, warnanya hijau.
Bunga Jamblang (Syzygium cumini) merupakan bunga majemuk berbentuk malai dengan cabang yang berjatuhan.  Bunga tumbuh di ketiak daun dan di ujung percabangan. Kelopak bunga Jamblang berbentuk lonceng berwarna hijau muda. Mahkota bunga berbentuk bulat telur dengan banyak benang sari yang berwarna putih dan harum baunya.
Buah Jamblang berbentuk lonjong dengan panjang antara 2-3 cm. Ketika masih muda buah Jambang (Duwet) berwarna hijau, setelah masak warnanya merah keungu-unguan agak kehitaman atau terkadang agak keputih-putihan. Daging buah Jamblang berwarna putih, kuning kelabu hingga agak merah ungu dengan banyak sari buah. Buah Jamblang berasa sepat masam sampai masam manis. Biji lonjong dengan panjang mencapai 3,5 cm.
3.    Klasifikasi ilmiah: 
Kerajaan: Plantae;
  Divisi: Magnoliophyta;
       Kelas: Magnoliopsida;
          Ordo: Myrtales;
            Famili: Myrtaceae;
              Genus: Syzygium;
                 Spesies: Syzygium cumini. 

4.    Kandungan Buah Jamblang atau Duwet
a.       Kandungan Kimia
·         Jamblang mengandung minyak asiri, fenol (methylxanthoxylin), alkaloid (jambosine), asam organic, triterpenoid, resin yang berwarna merah tua mengandung asam elagat dan tanin.
·         Buah duwet juga mengandung glukosida phytomelin. Zat ini dapat mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler penyebab luka diabetes yang lama sembuhnya.
·         Antioksidan
Kandungan Antioksidan buah duwet berperan penting dalam mencegah dan memerangi aneka penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner dan kanker. Antioksidan duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Buah mentah (berwarna hijau) memiliki aktivitas antioksidan yang rendah. Buah yang hampir masak (merah dan agak keras) punya aktivitas antioksidan sedikit lebih baik. Sedangkan buah masak (berwarna ungu) memiliki aktivitas antioksidan paling tinggi.
b.      Nilai Kandungan Gizi Jmblang Mentah per 100 g (3,5 oz)
·         Energi 251 kJ(60 kcal)
·         Karbohidrat 15,56 g
·         Lemak 0,23 g
·         Protein 0,72 g
·         Air 83,13 g
·         Vitamin A IU 3
·         Thiamine (Vit. B1) 0,006 mg (0%)
·         Riboflavin (Vit. B2) 0,012 mg (1%)
·         Niacin (Vit. B3) 0,260 mg (2%)
·         Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
·         Vitamin B6 0,038 mg (3%)
·         Vitamin C 14,3 mg (24%)
·         Kalsium 19 mg (2%)
·         Besi 0,19 mg (2%)
·         Magnesium 15 mg (4%)
·         Fosfor 17 mg (2%)
·         Kalium 79 mg (2%)
·         Sodium 14 mg (1%) 

5.    Sifat Khasiat Buah Jamblang ( Duwet )
 ·  Daging buah rasanya asam manis, sifatnya sejuk, astrigen kuat, berbau aromatic. Berkasiat melumas   organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik).
·   Kulit kayu berkasiat untuk peluruh haid. Kelebihan kolesterol di dalam darah juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah (biji dan daging buah) duwet. Kandungan alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki sifat mencegah kelebihan kolesterol atau anticholesteremik.
·   Sementara di dalam buah duwet juga banyak mengandung astringent, suatu zat yang dipercaya dapat membantu penyembuhan luka diabetes katena sifat astringent yang dapat menciutkan kulit. Serat, vitamin dan beragam mineral juga terdapat di dalam duwet.Namun sayang, orang enggan mengkonsumsi buah ini yang rasanya sepat dan kurang manis. 
6. Indikasi Daging buah digunakan untuk pengobatan 
Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit kayu, daging buah dan bijinya. Daging buah bisa digunakan segar atau yang telah dikeringkan. Jika daging buah dimakan, akan menyebabkan rongga mulut dan lidah berwarna ungu.
Indikasi
a.       Daging buah digunakan untuk pengobatan :
* Kencing manis (diabetes mellitus),
* Batuk kronis, sesak napas (asma),
* Batuk rejan, batuk pada TB paru disertai nyeri dada,
* Nyeri lambung dan diare.
b.      Biji digunakan untuk pengobatan :
* Kencing manis (diabetes mellitus),
* Diare, disentri,
* Gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri lambug, keram perut,
* Keracunan strychnine (penawar racun yang tidak spesifik), dan
* Pembesaran limpa. 
c.       Kulit Kayu digunakan untuk pengobatan :
* Kencing Manis (diabeter mellitus)
* Diare
* Sariawan
6. Efek Samping
Hasil penelitian menunjukan biji, daun, dan kulit kayu jamblang mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah (efek hipoglikemik) pada penderita diabetes mellitus tipe II.





Komentar

Postingan Populer