Seputar Tentang Tanaman Putri Malu


Hai prends....kalian pasti pernah melihat tanaman putri malu,di pinggir- pinggir jalan atau di tempat- tempat liar (gak ada yang punya sob..), daun tanaman ini sangat unik. Ketika kita menyentuh daun bunga putri malu daun itu akan segara mengatup. Bukan hanya karena sentuhan saja, tetapi tiupan angin, panas udara, dan goyangan pada bunga ini akan membuat daunnya menutup. Gerakan menutup daun putri malu ini disebut seismonasti. Unik ya. Lalu, kenapa daun putri malu ini mengatup saat disentuh? Sebelumnya kita bahas sejarah asal mula putri malu dulu yaaa.....

Putri malu atau dalam bahasa latin disebut  Mimosa pudica adalah sejenis tanaman perdu pendek asih termasuk dalam anggota suku polong-polongan yang sangat mudah dikenali dengan perilaku unik daun-daunnya yang bisa merespon secara cepat yaitu layu/menutup  saat disentuh. Walaupun jenis anggota dalam suku polong-polongan dapat merespon dengan cara yang sama, akan tetapi putri malu mampu bereaksi lebih cepat daripada jenis yang lain.  
Tanaman putri malu berasal dar Amerika Selatan atau teptnya dari Negara Brazil. Di Brazil tanaan putri malu ini sudah dikenal sejak tahun 1804. Tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman liar, karena tanaman ini jarang atau tidak dipelihara orang secara khusus, dan dapat tumbuh dimana saja, sebab pada waktu itu tanaman ini belu diketahui manfaat serta kegunaannya bagi manusia.
Negara Brazil adalan Negara yang beriklim panas, karena Negara kita juga mempunyai iklim yang hampir sama dengan iklim dimana asal dari tumbuhan ini, yaitu iklim tropis. Maka tanaman ini tumbuh degan suburnya di Negara kita di daerah mana saja, baik itu pada tanah yang lebab ataupun pada tanah yang gersang sama sekali pun. Tanaman putri malu dapt hidup dan berkembang biak tanpa mengenal musim
Putri malu (Mimosa pudica) menutup daunnya (seismonasti) terjadi ketika bagian tertentu dari sel kehilangan tekanan tugor, yaitu tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola (lubang sel) dan isi sel lainnya. Ketika tanaman diberikan rangsangan, bagian tertentu pada batang terstimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia termasuk ion potasium yang memaksa air keluar dari vakuola dan air berdifusi keluar sel yang menyebabkan hilangnya tekanan dalam sel sehingga sel menjadi kempis. Perbedaan tekanan antara bagian-bagian tertentu dalam sel mengakibatkan mengatupnya lembaran daun. Rangsangan ini juga bisa diteruskan ke daun-daun lain yang berdekatan. Yang terjadi pada tanaman ini ketika mendapat rangsangan dari luar, bagian tertentu pada batangnya terstimulasi untuk melepaskan zat kimia yang termasuk di dalamnya ion potasium yang membuat air terpaksa keluar dari vakuola. Air ini kemudia berdifusi keluar sel, inilah yang menyebabkan hilangnya tekanan di dalam sel dan membuat sel tersebut menjadi kempis. Daun yang mengatup tersebut terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara bagian-bagian tertentu di dalam sel. Daun-daun yang berdekatan dengan daun yang mengatup juga akan menerima rangsangan yang sama sehingga daun tersebut juga akan mengatup.
Menurut para peneliti, kemampuan tanaman dalam mengempiskan atau menyusutkan bagian-bagian tertentu adalah sebuah sistem pertahanan yang dimiliki oleh tanaman tersebut. Beberapa hewan pemakan tumbuhan mungkin saja kaget dan takut pada tumbuhan yang dapat merespon rangasangan dari luar dengan cepat. Ini akan mengusir hewan pemakan tumbuhan tersebut dan memilih tumbuhan lain untuk dimakan.
Selain itu, daun putri malu yang mengatup tersebut memiliki warna yang berbeda dengan daun yang masih mekar. Warna daun yang mengatup tersebut terlihat lebih pucat, ini akan membuat hewan yang ingin memakan tumbuhan putri malu tidak selera untuk memakannya.
Manfaat Tanaman Putri Malu
Tanaman yang unik ini ternyata juga mempunyai manfaat dan khasiat seunik tanaman itu sendiri. Tanaman putri malu mempunyai khasiat cukup besar untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dari daun hingga akarnya. Tanaman ini berkhasiat untuk transquilizer (penenang), ekspektoran (peluruh dahak), diuretic (peluuruh air seni), antitusif (antibatuk), antipiretik (penurun panas), dan antiradang.
·      Daun Tanaman Putri Malu
Manfaat dari daun putri malu dapat menyembuhkan luka, radang kulit bermanah (piodermi), insomnia, batuk dengan dahak, chronic bronchitis, untuk ascariasis, reumathik, mengatasi penyakit malaria, untuk herpes yaitu dilakukan dengan memilih daun putri malu yang segar dilumatkan dan ditepelkan ddi bagian luka yang sakit.
·      Akar dan Biji Tanaman Putri Malu
Akar dan biji tanaman putri malu mampu merangsang muntah, mengobati radang mata yang sudah akut, mengobati kencing batu, menurunkan panas demam tinggi pada anak-anak serta sebagai obat manjur penyakit herpes.
Catatan Penting untuk mengkonsumsi atau menggunakan tanaman putri malu :
  •  Penting untuk diketahui bahwa pemakaian akar putri malu secara berlebihan atau melebihi dosis  justru akan menyebabkan keracunan dan muntah-muntah.
  • Dilarang keras bagi ibu atau wanita hamil untuk mengkonsumsi putri malu baik daun maupun akarnya karena akan sangat membahayakan janin.
Kandungan kimia dari jenis tanaman putri malu yang sangat penting adalah mimosine yang mempunyai sifat kimiawi dan efek dalam farmakologi antara lain manis, astringen, dan agak dingin. Sedangkan efek farmkologisnya adalah sebagai penenang (tranquiliser), pelancar dahak (expectoran), sedative, anti batuk (antitusif), penurun panas (antipiretic), pelancar air kencing (diuretic), dan anti radang (anti-inflammatory).






Refrensi

Komentar

Postingan Populer