Lubang Lapisan Ozon Semakin Melebar



Mariii mengingat kembali, demi menjaga bumi tampat kiat berteduh.. :)

Lubang di lapisan Ozon yang terdapat yang terdapat di lapisan Strarosfer di atas Kutub Utara (Arktik) kini kian melebar. Kabar terakhir mengatakan lubang sudah segede Benua Australia. Gawatnya lagi, lapisan Ozon di atas Kutub Utara Selatan (Antartika) juga sudah mulai baolong, bahkan terlihat lebih parah. Kamu sudah pasti tau lubang itu disebabkan karena intervensi CFC (Chlorofluorocarbon), zat kimia yang bearcun antara lai digunakan pada AC, dan hairspray.
            Lubang lapisan Ozon cepat membesar hanya dalam jangka 29 tahun sejak diketahui kebocornnya pada tahun 1980. Itu karena 1 molekul CFC bisa merusak 100.000 molekul lapisan Ozon. Padahal lapisan Ozon berfungsi  sebagai filter masuknya inar Ultraviolet dari Matahari. Gara-gara lubang lapisan Ozon yang melebar itulah sinar Ultraviolet  dengan mudah menembus ke Bumi. Dampaknya terhadap kesehatan manusia besa r loh. Banyak manusia terserang kanker kulit, paru-paru, dan sakit katarak pada usia muda. Para ahli memperkirakan kalau lapisan Ozon dibiarkan melebar maka tahun 2025 nanti 100 juta penduduk dunia bakal terkerang kanker kulit dan paru-paru.
            Bukan berarti manusia tidak bisa memperbaiki lapisan Ozon yang bolong itu. Sampai saat ini penggunaan CFC diberbagai  negara sudah sangat dikurangi. Freon untuk mendinginkan AC tidak lagi memakai CFC , tapi pendingin  yang ramah atau menghilangkan sama sekali penggunaan CFC.




                                                                                                              Sumber: Teen Magazine

Komentar

Postingan Populer